19.6.18

PUEBI, Pedoman Utama Bagi Penulis


Aktivitas menulis kini mulai marak dilakukan. Berbagai pelatihan maupun workshop menulis pun digelar di berbagai daerah. Pelatihan menulis artikel dan menulis buku banyak diadakan oleh berbagai pihak. Dampaknya pun luar biasa, lahir ribuan penulis baru yang turut mewarnai jagat penulisan negeri ini.

PUEBI, Pedoman Utama Bagi Penulis


Gegap gempitanya dunia menulis tampaknya belum sepenuhnya diiringi dengan kemampuan menulis yang benar. Indikator yang tampak nyata adalah kualitas tulisan yang masuk ke meja editor masih banyak yang memprihatinkan. Banyak penulis yang mengabaikan ejaan bahasa Indonesia ketika menulis artikel atau buku.

Komunitas SukaNulis pun tergerak melihat kondisi ini. Tampaknya kampanye PUEBI perlu digalakkan kembali. Apakah PUEBI itu? Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai PUEI dan urgensinya.

PUEI dan Urgensinya
PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia merupakan pedoman dan acuan berbagai kalangan pengguna bahasa Indonesia, terutama dalam pemakaian bahasa tulis, secara baik dan benar. PUEBI disusun untuk menyempurnakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indone-sia yang Disempurnakan (PUEYD).

Bahasa Indonesia merupakan bahasa mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Oleh karena itu penggunaannya pun semakin luas dalam beragam ranah pemakaian. Penggunaan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulis, tentu saja memerlukan rujukan yang dapat dijadikan pedoman. Inilah pentingnya PUEBI bagi kita.

PUEBI diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Blog SukaNulis akan membahas satu persatu pedoman ini. Pastikan Anda terus memantau informasi di blog ini!

Salam literasi!

Agus Dwianto

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment